MASA DEPAN BANGSA INI DIPERSIAPKAN DI RUANG-RUANG KELAS

Saya harus mengawali tulisan ini dengan sebuah pengakuan penting, sebenarnya saya adalah personil cherybelle, eh bukan-bukan. Pengakuan (penting) yang saya maksudkan berkaitan dengan profesi saya saat ini. Sekarang ini "Saya adalah seorang GURU SD". Saya membuat pengakuan tentang profesi saya ini dengan penuh kebanggan, bukan karena profesi ini bergaji tinggi dan prestesius di mata masyarakat. Tentu saja Guru (apalagi hanya di sekolah dasar) masih kalah mentereng di mata masyarakat jika dibandingkan dengan dokter, polisi, pegawai Bank, DPR dan semacamnya. Saya merasa bangga dengan profesi saya lantaran perannya vitalnya dalam memperbaiki masa depan negri ini.
Ilustrasi oleh model profesional
Saya memutuskan sepakat dengan apa kata Om Anis Baswedan, bahwa masa depan republik Indonesia ada di ruang-ruang kelas. Mereka (para peserta didik) yang sedang duduk manis disana adalah calon presiden, calon pembuat kebijakan, calon dokter, calon polisi, calon pelaku utama dalam drama kehidupan di era yang akan datang.
Memberikan mereka bekal yang cukup untuk menghadapi masa depan berarti juga berupaya agar masa depan mereka lebih baik. Setiap kita melihat wajah anak Indonesia, maka saat itulah kita sedang menatap masa depan Indonesia. Jadi seperti apa masa depan negri ini di masa mendatang, tergantung bagaimana kita mempersiapkan mereka saat ini. Apakah mereka akan menjadi pribadi yang baik atau justru destruktif. Apakah mereka akan siap dengan tantangan masa depan atau tidak tergantung bekal yang mereka miliki saat itu, dan itu mereka peroleh saat mereka berada di bangku sekolah dasar. Teman belajar (guru) yang tepat apalagi hebat (seperti saya), akan sangat berpengaruh pada masa depan bangsa ini.
Maka siapapun yang turun tangan mengambil bagian di tempat-tempat anak itu dididik, maka kita sama saja sedang mempersiapkan masa depan yang jauh lebih baik buat indonesia. Sekali lagi saya akan membuat penekanan, bahwa jika berharap masa depan bangsa ini lebih baik di masa mendatang, maka mari ikut saya ambil bagian di ruang-ruang kelas. Sekali lagi Ruang kelas, bukan gedung DPR, bukan pula tempat seminar atau workksop, apalagi Arena konfercab organisasi ekstra kampus.
Masih menurut Pak Mendikbud yang baru, Republik ini didirikan dengan iuran, ada yang iuran tenaga, pikiran, ide, harta, dan bahkan ada yang iuran nyawa. Permasalahanya adalah, jika untuk mengisi kemerdekaan semua orang bersepakat hanya urun ide, siapa yang action? Saya sudah menghentikan kebiasaan hanya membual dan beralih pada kontribusi nyata. Bagaimana dengan anda kawan-kawanku?
“I give something real to this nation, not just a words”, (semoga bahasa inggrisnya benar)
Terima kasih telah menjadi teman baik saya selama saya menjadi mahasiswa, maafkan jika sekarang saya berbeda cara pandang dengan kalian. Semoga kita semua sukses.
Hidup beasiswa..!!!

0 Response to "MASA DEPAN BANGSA INI DIPERSIAPKAN DI RUANG-RUANG KELAS"

Post a Comment

Tulisan Lawas Tapi Tetep Keren

Member Habib Fans Club

Habib On Twitter